DIKJUT RAFTING ANGKATAN GEMURUH ANGIN

Arung jeram merupakan olahraga arus deras yang memanfaatkan aliran sungai sebagai sumber tenaga utama untuk menggerakan perahu. Arung jeram menggunakan perahu karet, pompa, throwing bag untuk perlengkapan kelompoknya dan untuk pelatan individu menggunakan helm, pelampung, paddle(dayung), body flip, alas kaki serta pluit. Dikjut rafting kali ini menggunakan lokasi di sungai elo. Sungai elo terletak di kabutapen Magelang. Dengan panjang kurang lebih 12 km jarak tempuh yang dihasilkan kurang lebih menempuh waktu 2.5 jam untuk melakukan pengarungan. Start point arung jeram sungai elo berada di desa Pare, Blondo, Mungkid, Magelang dan finish point berada di kelurahan Mendut, Mungkid, Magelang dekat dengan candi Mendut dan Wihara Mendut. Dikjut orat diikut 9 orang anggota baru dan 8 orang pendamping. Seperti biasa setelah melakukan tahapan latihan fisik dan materi ruang kemudian dilanjut tahap pelaksanaan.

Materi yang akan diaplikasikan meliputi self rescue(renang jeram, lempar throwing), naik prahu, dayungan dasar, flip-flop, portaging, signal arung jeram, second skipper, pivoting, scouting, pengenalan morfologi sungai, Lining.

Keberangkatan

hari sabtu tanggal 12 Maret 2016

Keberangaktan kali ini menggunakan sepeda motor karena jarak tempuh yang tidak begitu jauh. Berangkat dari sekertariatan MAYAPALA pukul 20.00 WIB setelah melakukan pelepasan dan doa bersama agar kegiatan dapat belangsung tanpa kendala. Menggunakan 7 motor menuju basecamp mendut rafting di basecamp mas rosyid sebagai tempat persinggahan selama berlangsungnya dikjut orat kali ini. Membuthkan waktu kurang lebih 1.5-2 jam perjalanan dari sekertariatan menuju basecamp mas rosyid. Setalah sampai di basecamp dilanjut dengan breifing untuk persiapan kegiatan di hari minggu sembari refresh materi. Kemudian acara seanjutnya istirahat karena perjalanan yang cukup memakan waktu dicukupkan dengan istirahat untuk mempersiapak tenaga di hari minggu.

Pelaksanaan kegiatan
hari minggu tanggal 13 Maret 2016

Diawali bangun pagi pukul 06.00 WIB sesuai breifing hari sabtu, dilanjut dengan pemanasan dengan lari mengelilingi kawasan mendut rafting selama kurang lebih 15-20 menit. Kemudian istirahat sebentar dan dilanjut pengenalan alat-alat arung jeram. Dari peralatan pribadi dan kelompok. Pukul 09.00 WIB berangkat dari basecamp mas rosyid untuk menuju start point di daerah mungkid magelang. Sebelum memasuki tahap pengarungan peserta melakukan senam dayung yang bertujuan agar melemaskan otot-otot tangan pinggang sekaligus agar menyesuaikan dalam memegang dayung. Setelah itu dilanjut renang jeram pertama disini berfungsi sebagai “swimming check” yang bertujuan untuk mengecek keamanan pelampung yang digunakan apakah masih longgar atau sudah sesuai.

Setelah melakukan simulasi renang jeram pertama, dilanjut dengan simulasi naik perahu disini kekuatan tangan peserta diuji untuk naik perahu dengan menggunakan mementum dari pelampung badan dan kekuatan tangan. Kemudian lanjut ke pengaplikasian teknik dayungan dasar, meliputi dayung maju, dayung mundur, teknik pancung bagi second skipper. Dan akhirnya simulasi pengarungan pun dimulai.

Masuk kemateri scouting morfologi sungai, scouting dalam arung jeram berfungsi untuk membaca medan jeram yang akan dilewati untuk mengambil posisi perahu menuju mainstrem arus untuk menghindari perahu wrap (menyangkut), atau ngeflip saat melewati jeram. Scouting harus dilakukan secara cepat untuk menghindari dari flip prahu dan posisi nge-warp. Disamping itu saat pengaurangan di lakukan pengamatan morfologi sungai seperti boils, standing wave, pillow, bootle neck, dll.

Perjalanan pulang

Pukul 16.00 WIB selesai melakukan kegiatan team beserta rombongan kembali ke basecamp Elo dilanjut istirahat setelah melakukan kegiatan sehari penuh. Seteelah istirahat team dan rombongan melakukan evaluasi kegiatan hari ini. Setelah selesai evalusai dilanjut perjalanan pulang pukul 20.00 WIB dari basecamp Elo sampai di Sekertariatan MAYAPALA pukul 21.30 WIB.orad1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *