MAYAPALA : Serayu Open 2011

Pada tanggal 8 desember 2011 – hingga tanggal 11 desember 2011 kami tim Arung Jeram MAYAPALA mengikuti kejuaran tingkat nasional Serayu Open 2011 di daerah Banjarnegara, kejuaraan yang mempertandingkan 3 kategori Sprint, Head to Head, dan Down river race. Yang diikuti kurang lebih 30 team Umum dan MAPALA, karena di Serayu Open 2011 ini bagi tim MAPALA hanya diperbolehkan mengambil 2 kategori saja, dengan pertimbangan dan waktu yang singkat tim MAYAPALA dengan menyandang nama “Gethek Racing” memutuskan untuk mengambil 2 kategori yang diantaranya Sprint dan Head to Head.

Tipe lomba ini berupa R6 (enam awak dalam satu river boat) kamipun sudah mempersiapkan tim arjer (arung jeram) terdiri dari saudara Andy Nugrahanto (second skipper left), Irfan Indra Wibowo (second skipper right), saudara Mustofa Rian Guswahyudi (motor left), Muhammad Nur (motor right), Dwiki Sabillah (skipper left), Widi Wijaya (skipper right), dan saudara Andi Rizal sebagai atlit cadangan.

Total tim kelas MAPALA atau Mahasiswa 20 tim dari berbagai daerah dan universitas, UII, UGM, Universitas Garut, UNNES, STMIK AMIKOM Yogyakarta (MAYAPALA), dan masih banyak lagi. Pada tanggal 8 desember upacara pembukaan yang diresmikan oleh bapak bupati Banjarnegara, untuk tanggal 9 Desember 2011 kategori Sprint diperlombakan dan diikuti 14 tim, pada kategori ini catatan waktu team “Gethek Racing” (MAYAPALA) 00.02.49.45 detik dan menduduki peringkat 6, sedang untuk juara 1 jatuh pada PALAPSI Psikologi UGM dengan catatan waktu 00.02.38.30 detik, juara 2 UNISI UII dengan catatan waktu 00.02.40.17 detik, juara 3 jatuh pada saudara kita dari Malang JATIM Jogring Salaka Universitas Negeri MALANG dengan catatan waktu 00.02.43.56 deitk. Sedang untuk peringkat 4, 5, dan 6 adalah peringkat 4 GAPADRI 2 STTNAS Yogyakarta dengan catatan waktu 00.02.44.14 detik, peringkat 5 MAPARA Universitas Bhayangkara Surabaya dengan catatan waktu 00.02.46.73 detik, peringkat 6 diraih oleh MAYAPALA STIMK AMIKOM Yogyakarta dengan catatan waktu 00.02.49.45 detik. Catatan waktu MAYAPALA seharusnya bisa di 02.45.00 detik tetapi karna telat mengambil main stream diending jeram hingga harus beradu dengan stopper maka waktu terbuang beberapa detik, tetapi menurut kami sudah sangat memuaskan karena tim-tim diatas kami termasuk tim-tim besar dikancah dunia Arung Jeram tingkat nasional khususnya MAPALA.

Sabtu, 10 desember 2011 kelas H2H atau Head to Head diperlombakan dengan jumlah team 13 tim, pada babak penyisihan MAYAPALA berhadapan dengan MAHAPALA Universitas Negeri Semarang dan berhasil meyisihkan tim MAHAPALA, pada babak penyisihan ke 2 MAYAPALA harus berhadapan dengan GAPADRI 1 yang mana tim ini menjadi juara nasional di Asahan Open 2010, selain itu GAPADRI adalah OPA yang sangat dekat dengan MAYAPALA. Disesi ini MAYAPALA bisa menyisihkan GAPADRI 1, dibabak semi final kami bertemu dengan GERHANA Universitas Garut, team ini pun salah satu team kuat yang beberapa kali juara dikelas ini ditingkat nasional. Mayapala terpaksa dipukul mundur oleh GERHANA untuk tim MAYAPALA ini bukan suatu hal yang mengecewakan melainkan membanggakan karena mereka mempunyai skill dan peralatan juga waktu menempa persiapan diajang ini sedang kami hanya mempunyai beberapa hari saja melakukan persiapan ditambah peralatan yang tidak MAYAPALA miliki, lumayan sangat puas karna mampu tertinggal beberapa detik saja dari mereka. What a great battle rekan-rekan Gethek Racing berucap, bravo untuk tim GERHANA. Dipertarungan selanjutnya tim GAPADRI 2 vs tim KHANIWATA Universitas Siliwangi JABAR, GAPADRI 2 disisihkan oleh KANIWATA sehingga difinal tim GERHANA vs dengan team KHANIWATA untuk memperebutkan juara 1 dan 2, GAPADRI 2 vs MAYAPALA memperebutkan juara 3.

Sayangnya ketika tim merapat di posisi start tim KHANIWATA terdisklifikasi karna melakukan pergantian atlit tanpa melakukan pelaporan kepada panitia dan juri, sehingga dirubahlah tipe perebutan tadi. Karna KHANIWATA tereliminasi maka secara otomatis team GERHANA duduk dijuara 1, sedang team GAPADRI dan MAYAPALA harus bertemu guna memperebutkan juara 2 dan 3. Dipertarungan ini MAYAPALA harus puas dengan berada di posisi 3 dan GAPADRI 2 saudara kami duduk di posisi juara 2, karna terkurasnya power setelah bertemu 3 tim kuat sebelum masuk final dan bertemu GAPADRI 2 recovery power rekan-rekan belum ter-carge dengan sempurna sehingga ditengah jeram ritme dayungan sempat hilang, tetapi catatan waktu dan jarak antara MAYAPALA dengan GAPADRI 2 tidaklah jauh.

Special thanks untuk rekan rekan, saudara saudara, kakak, yang secara tidak langsung telah memberi suport yang luar bisa terhadap team kami :

  • Ibu Tatik Camat Banjarnegara yang mengizikan rumah dinas beliau kami gunakan sebagai Base Camp tim MAYAPALA “Gethek Racing”.
  • Mas Rosyd MENDUT RAFTING.
  • Rekan Rekan MAPALA yang tidak bisa kami sebut satu persatu yang telah mensuport kami dari awal hingga finish.
  • Dan tentunya semua anggota keluarga besar MAYAPALA, GLORY MAYAPALA !!!!!!!!!
  • Semua civitas STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Untuk berita lengkap tentang kejuaraan Arung Jeram Serayu Open 2011 bisa dibaca di SUARA MERDEKA 10 desember 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *