Upacara 17 Agustus di Sungai Progo

KULONPROGO – Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk membuat upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-69 RI jadi lebih menarik. Seperti yang dilakukan sekelompok orang dari MAYAPALA dan Sekretariat Bersama Perhimpunan Pecinta Alam (PPA) DIY ini.

Mereka menggelar upacara peringatan kemerdekaan di atas derasnya Sungai Progo, kawasan Bendung Ancol, Desa Banjaroya, Kalibawang, Minggu (17/8/2014). Menggunakan tujuh perahu karet yang sudah dihias sedemikian rupa, upacarapun digelar dengan khidmat.

“Kami ingin mencari cara berbeda untuk merayakan kemerdekaan RI kali ini. Biasanya, kami melakukannya di tebing atau puncak gunung, “tutur Sekjen Sekber PPA DIY, Andi Gunawan.

Seutas tali panjang dibentangkan di atas kelebaran sungai untuk mengikat perahu yang dijajarkan dalam dua formasi sejajar. Para peserta dan MAYAPALA juga turut serta mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah itupun kemudian berdiri di atas perahu karet untuk melangsungkan upacara peringatan kemerdekaan.

Upacara digelar dengan urutan acara lengkap, dimulai dengan pembacaan teks proklamasi, pengibaran bendera merah putih diiringi lagu Indonesia Raya, pembacaan teks pembukaan UUD 1945, dan pembacaan teks Pancasila.

Sebelum berupacara, mereka telah rafting menyusuri Sungai Progo menempuh jarak sekitar 20 kilometer dengan titik keberangkatan dari wilayah Klangon, perbatasan Kulonprogo-Magelang. Seusai upacara, kegiatan penyusuran rafting pun dilanjutkan hingga titik finish di Dekso, Kalibawang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *